Jurnal SOLMA
Vol. 13 No. 3 (2024)

Teachers’ assisting in designing innovative learning based on local advantages through STEM hands-on activities

Miharja, Fuad Jaya (Unknown)
Nuryady, Moh. Mirza (Unknown)
Putri, Aura Febiola Afi (Unknown)
Agustina, Jihan Aurelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Background: Keterlibatan aktif dalam pembelajaran mencakup eksplorasi konsep, dengan memastikan kontekstualisasi melalui isu-isu dan keunggulan lokal. Namun, saat ini isu lokal sering hanya digunakan sebagai apersepsi di awal pembelajaran, dan guru terkendala dalam implementasinya. Oleh karena itu, dilakukan pendampingan inovasi pembelajaran STEM pada guru SMA Muhammadiyah 3 Batu. Metode: FGD dan Workshop, Pengambilan data menggunakan survey. Hasil: Aktivitas pengabdian ini menghasilkan empat model taman vertikal dengan memenuhi tiga kriteria yaitu kemenarikan dan fungsionalitas desain, kemudahan perawatan, dan estetika komposisi tanaman. Kesimpulan: Aktivitas pendampingan ini dapat memberi pengalaman nyata bagi guru dalam menginovasi desain pembelajaran berdasarkan permasalahan kontekstual di sekitar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...