Pendahuluan: Pembangunan kampung literasi Dusun VII Kampung Rukti Harjo, Lampung Tengah yang diaktualisasikan melalui pendirian Pojok Baca Saraswati perlu didukung dengan kemampuan yang memadai dalam pengelolaan pojok baca. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengelola Pojok Baca Saraswati. Metode: Metode PAR (Participatory Action Research) dengan melibatkan 12 orang anggota Karang Taruna Seka Teruna Teruni (STT). Hasil: Hasilnya, (1) 83,33% masyarakat sangat memahami cara mengatur dan merawat koleksi buku, (2) 75% masyarakat sangat memahami masyakarat dalam memilih buku, (3) 66,67% masyarakat sangat memahami menarik minat masyarakat, (4) 66.67 masyarakat sangat memahami cara mengatasi masalah pengelolaan, dan (5) 58.33% masyarakat sangat memahami cara mengelola kegiatan serupa. Kesimpulan: Pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan masyarakat Dusun VII Kampung Rukti Harjo Kecamatan Seputih Raman Lampung Tengah dalam mengelola Pojok Baca Saraswati.
Copyrights © 2024