JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU FISIKA
Vol 1 No 1 (2021): June 2021

Studi Literatur Keefektifan Kelas Virtual Dalam Pembelajaran Fisika Di Masa Pandemi

Lestari, Fuzi Fitri Sri (Unknown)
Hamdan, Maulana (Unknown)
Susilawati, Susilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Dengan adanya wabah penyakit COVID-19 banyak negara di berbagai dunia memutuskan untuk menutup sekolah, perguruan tinggi maupun universitas. Kondisi tersebut memaksa seluruh kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara online atau kelas virtual melalui berbagai media pembelajaran salah satunya Google Classroom. Google Classroom yaitu aplikasi pembelajaran campuran untuk ruang lingkup pendidikan yang dapat mempermudah dosen dalam membuat, membagikan, dan mengelompokkan tugas-tugas yang diberikan. Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil studi pustaka keefektifan virtual class dalam pembelajaran fisika menggunakan Google Classroom dimasa Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research). Hasil menunjukkan bahwa penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa COVID-19 dapat dikatakan sudah efektif, apalagi disertai dengan video materi pembelajaran yang menarik sehingga dapat menimbulkan motivasi serta ketertarikan mahasiswa dalam proses pembelajaran, dan mampu meningkatkan hasil pembelajaran mahasiswa.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpif

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) is a peer-reviewed journal that is intended as a medium for disseminating ideas and research results in the fields of physics education and physics. The scope of this journal includes physics education, theory and application of physics. This journal is ...