Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip bisnis Islam dan kualitas layanan pelanggan mempengaruhi persepsi kepercayaan dan kepuasan konsumen. Untuk menjelaskan penerapan etika bisnis Islam, peneliti menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif kualitatif dalam penelitian ini. Metode penelitian ini akan disajikan melalui penggunaan perhitungan metode kualitatif yang diperoleh dari data lapangan yang dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan triangulasi. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan, mulai tanggal 24 September hingga Oktober. Hasil yang diperoleh mengenai penerapan dan reaksi pembeli dalam pemanfaatan prinsip etika bisnis Islam di warung makan SPBU Tuah Citra yang menerapkan lima prinsip etika bisnis Islam, khususnya: (1) prinsip tentang persatuan; 2) prinsip keadilan; 3) prinsip tentang keinginan bebas; 4) prinsip tentang tanggung jawab; dan 5) prinsip tentang kebenaran. Temuan penelitian ini membawa kita pada kesimpulan bahwa warung makanan di SPBU Tuah Citra menerapkan etika bisnis dalam operasionalnya. Etika tersebut antara lain menetapkan harga berdasarkan kualitas produk dan menjaga jalur komunikasi terbuka. dengan mitra bisnis, pelayanan cepat dan akurat, serta pembayaran gaji karyawan tepat waktu.
Copyrights © 2024