Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan bernalar kritis yang dilakukan oleh peserta didik SMP kelas VII pada pembelajaran perbandingan senilai dan berbalik nilai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya ialah peserta didik kelas VII SMPIT Al-Fityan Kubu Raya dan objek penelitiannya adalah kemampuan bernalar kritis peserta didik dalam materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Pada penelitian ini pengumpulan data melalui lembar kerja peserta didik dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis isi melalui proses identifikasi dan pengkategorian informasi dari lembar kerja dan wawancara. Bernalar kritis peserta didik dikaji berlandaskan kemampuan merincikan informasi yang berkaitan dengan masalah yang sedang dianalisis, membuat kesimpulan tentang masalah yang sedang dianalisis, menghubungkan informasi dengan konsep yang sesuai, dan mengevaluasi penalaran yang digunakan dalam menemukan dan mencari solusi. Hasil pembahasan menunjukkan bernalar kritis yang dimiliki oleh peserta didik telah mencapai hasil yang memuaskan namun masih memiliki beberapa kekurangan.
Copyrights © 2024