Pemahaman dan minat siswa terhadap matematika dibentuk oleh kualifikasi guru, strategi mengajar, dan ketersediaan sumber belajar yang memadai. Media pembelajaran menjadi salah satu hal penting dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak penerapan pembelajaran Realisitic Matematic Education menggunakan media kotak matriks terhadap kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar operasi hitung matriks. Riset ini dilaksanakan di SMK Swasta Imelda Medan pada tahun ajaran 2024/2025. Metode riset yang digunakan adalah quasi-eksperimental. Populasi penelitian meliputi siswa SMK SWASTA IMELDA MEDAN kelas XI., menggunakan sampel yang terdiri dari 28 siswa kelas XI Tata Boga 2 sebagai kelas eksperimen, dan 28 siswa dari kelas XI Kecantikan 3 sebagai kelas kontrol. Prosedur pengumpulan data adalah tes kemampuan pemahaman konsep materi operasi hitung matriks. Penelitian ini menggunakan instrument pretest dan postest. F test digunakan untuk menilai homogenitas data, sedangkan uji Shapiro-Wilk digunakan untuk memverifikasi kenormalan data. Berdasarkan hasil uji normalitas, ditemukan bahwa tidak ada kelompok yang terdistribusi secara normal. Namun, dengan uji homogenitas ini mampu menunjukkan populasi tersebut homogen. Berdasarkan analisis hasil uji Wilcoxon, ditemukan p value sebesar 0,02683 < 0,05. Dengan demikian, terjadi peningkatan kemampuan pemahaman siswa kelas XI SMK Swasta Imelda Medan terhadap materi operasi matriks setelah menerapkan pembelajaraan RME berbantuan media kotak matriks.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024