Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS
Vol. 2 No. 5 (2024): Oktober

PENDIDIKAN LITERASI KEUANGAN BAGI SISWA SMA DI PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA KABUPATEN OGAN ILIR

Tjandrakirana, Rina (Unknown)
Ermadiani, Ermadiani (Unknown)
Aspahani, Aspahani (Unknown)
Putra, Apriansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2024

Abstract

Laporan ini berfokus pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan skema desa binaan, yang dilaksanakan di Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga, Kabupaten Ogan Ilir. Kegiatan ini bertujuan memberikan pendidikan literasi keuangan bagi siswa SMA, dengan harapan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola keuangan secara bijak. Program ini terdiri dari tiga tahap: pengenalan, penerapan, dan evaluasi. Dalam tahap pengenalan, siswa diperkenalkan dengan konsep dasar literasi keuangan, sedangkan dalam tahap penerapan mereka dibimbing untuk menyelesaikan tugas-tugas terkait pengelolaan keuangan. Evaluasi dilakukan untuk menilai pemahaman siswa mengenai literasi keuangan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa berhasil memahami pentingnya literasi keuangan, terbukti dari peningkatan keterampilan mereka dalam mengelola keuangan pribadi. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa menjadi lebih bijak dalam pengelolaan keuangan di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPKI2

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS (JPKI2) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Ekonomi, Hukum,Teknik, kedokteran, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Ilmu Sosial dan Ilmu ...