Hikamatzu Journal of Multidisciplinary Research
Vol. 1 No. 2 (2024): multi science and knowlegde

Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Peningkatan Literasi Digital GuruDi Smpn 1 Palopo

Tasdin Tahrim (Unknown)
Alimuddin (Unknown)
Firmansyah (Unknown)
Fauziah Zainuddin (Unknown)
Khaerullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2024

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Peningkatan Literasi Digital Guru di SMPN 1 Palopo. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah pada peningkatan literasi digital guru di SMPN 1 Palopo; untuk mengetahui literasi digital guru di SMPN 1 Palopo; dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang berkontribusi pada peningkatan literasi digital guru di SMPN 1 Palopo.Metode Penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang diambil adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan juga guru.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan literasi digital guru di SMPN 1 Palopo di antaranya: peran kepala sekolah sebagai edukator, dalam memenuhi perannya sebagai pendidik, kepala sekolah harus mempunyai strategi yang tepat untuk meningkatkan profesionalitas tenaga pendidik dan kependidikan di sekolahnya, peran kepala sekolah sebagai supervisor, kepala sekolah harus melakukan pengawasan dan pembinaan kepada guru, khususnya berkaitan dengan kegiatan belajar dan mengajar di kelas, agar berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan serta dapat dicapai secara efektif dan efisien, peran kepala sekolah sebagai leader, kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan menggerakkan semua personil sekolah agar dapat melakukan tugas secara efektif, kepala sekolah sebagai motivator, kepala sekolah aktif memotivasi guru untuk meningkatkan keterampilan digital mereka, kepala sekolah menciptakan lingkungan yang mendukung dan mendorong guru untuk berpartisipasi dalam pelatihan dan workshop dalam pengembangan digital: (2) Literasi digital guru di SMPN 1 Palopo yaitu (a) sosial networking, jaringan sosial (b) maintening privacy, menjaga pripasi (c) creating content, membuat konten: (3) Faktor yang menjadi pendukung dalam pengembangan literasi digital guru di SMPN 1 Palopo yaitu; sekolah secara rutin mengadakan pelatihan dan workshop untuk guru dan staf, pelatihan ini mencakup penggunaan platform pembelajaran online, pembuatan konten digital, dan aplikasi edukasi, sekolah juga melibatkan narasumber bersertifikat dan mentor untuk memberikan bimbingan dan edukasi terkait peningkatan literasi digital: Adapun faktor penghambat, hambatan kecil mungkin sering kali berasal dari diri sendiri, dan usia yang tidak muda lagi dalam mengembangkang pengetahuan literasi digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hjm

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

The Hikamatzu Journal of Multidisciplinary Research stands as a beacon of intellectual exploration and collaboration, providing a scholarly platform for the intersection of diverse fields of study. Rooted in the pursuit of knowledge across a broad spectrum, this esteemed journal fosters a dynamic ...