Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa
Vol 8, No 2 (2024)

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Barak Kota Subulussalam

Handayani, Fitri (Universitas Negeri Medan)
Budiarta, Kustoro (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Kualitas Pelayanan dan Customer Experience  terhadap Kepuasan Konsumen di restoran Barak Kota Subulussalam. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 98 responden. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner, teknik penggumpulan data menggunkan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda, pengujian koefisien determinasi kemudian uji hipotesis diantaranya adalah uji persial, uji simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kualitas pelayanan secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, (2) customer experince secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, (3) kualitas pelayanan dan customer experince secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Koefisien determinasi  sebesar 0,727 yang berarti variabel kualitas pelayanan dan Customer Experience mampu memberikan kontribusi terhadap pengaruh kepuasan konsumen konsumen sebesar 72,7% sementara sisanya 27,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat variabel lain yang menjelaskan kepuasan konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JRBM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Pertama kali terbit pada Nopember 2017, dan terbit secara periodik dua kali dalam setahun. Pada Volume 4 Nomor 1 (2020), ada perubahan layout artikel. Memiiliki nomor e-ISSN 2599-0837. Areas of study that can be published in JRBM Tirtayasa are in the fields of Business Management, Operations and ...