Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, khususnya pada materi rantai makanan, melalui model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media diorama dan permainan ular tangga di kelas V SDN 192 Barru. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah 13 orang siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa dari prasiklus hingga siklus II. Nilai rata-rata pre-test adalah 28,61, meningkat menjadi 47,77 pada siklus I dan 74,92 pada siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, dengan skor rata-rata meningkat dari 2,67 pada siklus I menjadi 3,51 pada siklus II. Penggunaan media diorama pada siklus I dan permainan ular tangga pada siklus II efektif meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap konsep rantai makanan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri yang dipadukan dengan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024