JENTRE
Vol. 5 No. 2 (2024): JENTRE: Journal of Education, Administration, Training and Religion

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Dengan Menggunakan Model Inkuiri Di Kelas V SDN 192 Barru

Nursyamsi, Nursyamsi (Unknown)
Kirana, Sashi Zahra (Unknown)
Haslinda, Haslinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, khususnya pada materi rantai makanan, melalui model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media diorama dan permainan ular tangga di kelas V SDN 192 Barru. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah 13 orang siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa dari prasiklus hingga siklus II. Nilai rata-rata pre-test adalah 28,61, meningkat menjadi 47,77 pada siklus I dan 74,92 pada siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, dengan skor rata-rata meningkat dari 2,67 pada siklus I menjadi 3,51 pada siklus II. Penggunaan media diorama pada siklus I dan permainan ular tangga pada siklus II efektif meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap konsep rantai makanan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri yang dipadukan dengan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jen

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal is called JENTRE as a vehicle to discuss Education, Administration, Training and religion issues in society JENTRE accepts research based papers, literature reviews, case studies, or any scientific articles that relate to Education, Administration, Training and religion issues and ...