Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 11 No. 4 (2024)

INOVASI PEMBELAJARAN: PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MEMPERKAYA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Hasriadi (Unknown)
Nur Azizah (Unknown)
Fahmy, Siti Hudany Nabila (Unknown)
Ladong, Farid Rahman (Unknown)
Muplhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran berupa pop-up book pada mata pelajaran Fiqih dan Akidah Akhlak untuk kelas VIII di MTSS SATAP Palopo. Menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan pendekatan pengembangan model ADDIE, penelitian ini dilakukan di MTSS SATAP Palopo. Metode observasi, angket, dokumentasi, dan lembar validasi digunakan dalam pengumpulan data, yang kemudian dianalisis secara gabungan antara data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi media oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media pop-up book ini berhasil dengan kategori "Sangat Valid". Uji praktikalitas menunjukkan bahwa media ini sangat menarik dan efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik, dengan nilai rata-rata praktikalitas mencapai 96,66%. Tanggapan positif dari peserta didik terhadap implementasi media pop-up book dalam proses pembelajaran juga diperoleh. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up book dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Fiqih dan Akidah Akhlak. Selain mampu menyampaikan konten secara efektif, media ini juga menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan berkesan bagi peserta didik. Oleh karena itu, penerapan media pembelajaran pop-up buku dapat menjadi pendekatan inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di lembaga pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...