Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran berupa pop-up book pada mata pelajaran Fiqih dan Akidah Akhlak untuk kelas VIII di MTSS SATAP Palopo. Menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan pendekatan pengembangan model ADDIE, penelitian ini dilakukan di MTSS SATAP Palopo. Metode observasi, angket, dokumentasi, dan lembar validasi digunakan dalam pengumpulan data, yang kemudian dianalisis secara gabungan antara data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi media oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media pop-up book ini berhasil dengan kategori "Sangat Valid". Uji praktikalitas menunjukkan bahwa media ini sangat menarik dan efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik, dengan nilai rata-rata praktikalitas mencapai 96,66%. Tanggapan positif dari peserta didik terhadap implementasi media pop-up book dalam proses pembelajaran juga diperoleh. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up book dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Fiqih dan Akidah Akhlak. Selain mampu menyampaikan konten secara efektif, media ini juga menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan berkesan bagi peserta didik. Oleh karena itu, penerapan media pembelajaran pop-up buku dapat menjadi pendekatan inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di lembaga pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024