Kemampuan pemahaman konsep siswa tergolong rendah dikarenakan cara berpikir siswa masih pada benda konkret, sementara guru tidak memperhatikan hal tersebut sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas II SD 1 Padurenan dalam proses pembelajaran melalui model Superitem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD 1 Padurenan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus yang berjumlah 21 siswa. Variabel bebas penelitian ini adalah model Superitem. Serta variabel terikat yakni pemahaman konsep siswa kelas II SD 1 Padurenan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dimana rata-rata pada siklus I sebesar 80,42 dengan kriteria baik dan siklus II 86,19 dengan kriteria sangat baik hingga mencapai presentase klasikal 85,71%. Maka penerapan model pembelajaran Superitem terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi perkalian kelas II SD 1 Padurenan.
Copyrights © 2024