Jurnal Ide Bahasa
Vol 6 No 2 (2024): Jurnal Idebahasa Vol 6 No 2 December 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA VIDEO YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN

Sinaga, Agape Viandasari (Unknown)
Wuriyani, Elly Prihasti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Direct instruction berbantuan media video youtube dalam meningkatkan kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen two group post-test design. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 berjumlah 118 siswa yang terbagi menjadi 4 kelas. Dari 118 siswa, sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan uji persyaratan analisis, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks ulasan siswa menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media video youtube adalah 68 tergolong ke dalam kategori cukup dan belum memenuhi (KKM) yaitu 75. Sedangkan nilai rata-rata keterampilan menulis teks ulasan siswa menggunakan model pembelajaran Direct Instruction berbantuan media video youtube adalah 83,86 tergolong ke dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diperoleh nilai taraf signifikansi α = 0,05 dan n=30, diperoleh ttabel = 2,042. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu, 7,69 > 2,042, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dam hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran direct instruction berbantuan media video youtube terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Idebahasa

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal of Ide Bahasa (e-ISSN 2685-0559 and p-ISSN 2684-673X) is published twice a year, June and December. Each issue will be published at least 5 articles. Jurnal of Ide Bahasa focuses on language, literature, and language learning with various dimensions of languages all over the world. The ...