Jurnal Kolaboratif Sains
Vol. 7 No. 11: November 2024

Paradigma Tradisionalisme, Modernisme, dan Postmodernisme dalam Pendidikan Agama Islam: Dari Ulumuddin ke Dir?sah Islamiyah hingga Kajian Multidisipliner : Paradigms of Traditionalism, Modernism, and Postmodernism in Islamic Religious Education: From Ulumuddin to Dir?sah Islamiyah to Multidisciplinary Studies

Muhammad Ilyas (Unknown)
Tobroni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Paradigma tradisionalisme, modernisme, dan postmodernisme memainkan peran penting dalam perkembangan Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam konteks tradisionalisme, fokus PAI terletak pada pewarisan ilmu-ilmu keislaman klasik (Ulumuddin) dengan pendekatan normatif-doktrinal. Era modernisme membawa perubahan signifikan dengan pendekatan rasional dan ilmiah yang diwujudkan dalam Dir?sah Islamiyah. Sementara itu, paradigma postmodernisme mendorong kajian PAI yang lebih inklusif dan multidisipliner, menggabungkan ilmu agama dengan berbagai disiplin ilmu lainnya seperti sosiologi, antropologi, dan filsafat. Artikel ini menganalisis evolusi paradigma-paradigma tersebut, mengidentifikasi tantangan dan peluang yang muncul dalam implementasinya, serta menawarkan perspektif baru untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam konteks global yang kompleks.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JKS

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Other

Description

Jurnal Kolaboratif Sains merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palu. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dalam bentuk Hasil Penelitian, Laporan Penelitian, Literatur Review. Semua manuskrip yang dikirimkan adalah peer review oleh para ahli di bidang yang relevan. Tujuan dan ...