Penelitian ini bertujuan untuk mejelaskan implementasi pendekatan saintifik dalam mewujudkan kemandirian belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Banyumas Kabupaten Pringsewu. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk uji keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan santifik dalam mewujudkan kemandirian belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Banyumas Kabupaten Pringsewu berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dengan guru telah melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dengan baik. Kemudian pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Banyumas Kabupaten Pringsewu, guru sudah menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik yang meliputi, kegiatan mengamati, kegiatan menanya, kegiatan mengumpulkan informasi, kegiatan menalar, serta kegiatan mengomunikasikan. Peserta didik telah menunjukkan kemandirian belajar setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi beberapa aspek, yaitu memiliki inisiatif, aktif dalam pembelajaran, dan dapat bertanggungjawab pada saat mengikuti proses pembelajaran PAI.
Copyrights © 2024