Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital
Vol. 2 No. 2 (2025): February

Implementasi Penggunaan Data Analytics untuk Mengoptimalkan Pengambilan Keputusan Bisnis di Era Digital

Rismaninda Putri Dwi Prasetya (Unknown)
Azizah, Radifa Nur (Unknown)
Halwa, Jentayu Bayu Warita (Unknown)
Nugroho, Rusdi Hidayat (Unknown)
Kusumasari, Indah Respati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Kemajuan teknologi informasi, Internet of Things (IoT), dan kemampuan komputasi besar (big data) telah menghasilkan volume data yang luar biasa besar, yang mencakup berbagai aspek operasional dan perilaku konsumen. Dengan menggunakan data analytics, perusahaan dapat memperoleh wawasan yang lebih terperinci mengenai berbagai aspek bisnis, mulai dari perilaku konsumen, tren pasar, hingga kinerja operasional. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penggunaan data analytics untuk meningkatkan pengambilan keputusan bisnis di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran data analytics dalam bisnis yaitu memberikan perusahaan kemampuan untuk membuat keputusan yang lebih cerdas dan strategis, meningkatkan efisiensi, dan menyesuaikan diri dengan perubahan pasar, yang pada akhirnya memperkuat daya saing dan mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Dalam proses data analytics, ada 4 tahapan yaitu Pengumpulan data, Pemrosesan data, Analisis data, dan Interpretasi data. Perusahaan dapat memperoleh keunggulan kompetitif dengan mengoptimalkan operasional, meningkatkan efisiensi, menanggapi perubahan pasar, dan memprediksi tren masa depan melalui proses ini. Serta, Data analytics mengubah cara bisnis beroperasi dengan membantu memahami pelanggan, menemukan peluang, dan membuat keputusan berbasis bukti. Ini juga meningkatkan efisiensi operasional dan manajemen risiko, mendukung inovasi dan pertumbuhan jangka panjang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jbkd

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. JBKD publishes four issues annually in the months of November, February, May and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not been published by ...