Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital
Vol. 2 No. 2 (2025): February

Pengaruh Kredibilitas Influencer, Kualitas Konten, dan Interaksi Sosial terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce TikTok

Kirana, Amanda Septia (Unknown)
Damayanti, Alfina (Unknown)
Tumanggor, Neni Nora (Unknown)
Purnamasari, Pupung (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

TikTok telah berkembang menjadi platform penting untuk pemasaran produk, terutama melalui influencer, seiring dengan meningkatnya popularitas platform media sosial.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh interaksi sosial, kualitas konten, dan kredibilitas influencer terhadap keputusan pembeli yang dibuat di toko online TikTok. Kredibilitas influencer diukur melalui kepercayaan dan otoritas yang mereka miliki. Di sisi lain, kualitas konten mencakup elemen visual dan informatif dari konten yang ditawarkan. Interaksi sosial mencakup interaksi pengguna, seperti menyukai, meninggalkan komentar, dan berbagi, yang dapat memengaruhi persepsi konsumen dan keputusan mereka untuk membeli sesuatu. Penelitian ini menggunakan survei online yang melibatkan responden yang sering berbelanja di TikTok. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan kredibilitas influencer yang paling penting. Studi ini membantu pemasar memahami pentingnya strategi pemasaran yang dilibatkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jbkd

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. JBKD publishes four issues annually in the months of November, February, May and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not been published by ...