Latar belakang penelitian ini perkembangan teknologi semakin pesat dalam kehidupan manusia di berbagai macam bidang, salah satunya pada bidang pendidikan. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (RD). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D terdiri dari empat tahapan, yaitu: 1) define, 2) design, 3) develop, dan 4) disseminate. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data instrumen angket yang disebarkan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Berdasarkan hasil analisis angket kebutuhan siswa, mendapatkan hasil bahwa 83% siswa membutuhkan media pembelajaran digital. Terdapat 3 aspek pada angket penelitian, yaitu kebutuhan siswa dalam aspek proses pembelajaran memperoleh presentase 84%, kebutuhan siswa dalam aspek media pembelajaran 84%, dan kebutuhan siswa dalam aspek isi bahan ajar 80%. Hasil rata-rata presentase seluruh aspek, sebesar 83% sehingga masuk ke dalam kategori “sangat layak”. Dari hasil analisis angket kebutuhan siswa, disimpulkan perlunya peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa e-book interaktif berbasis kearifan lokal.
Copyrights © 2024