Penelitian ini membahas tentang multimodalitas pada iklan wedding organizer. tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pada iklan wacana multimodal yang mengkaji dalam teks yang dikombinasikan dengan gambar, warna, simbol, dan sumber semiotik lainnya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriftif kualitatif melalui observasi dengan mengambil sumber data dari postingan instagram. Teks dan sumber daya semiotik tersebut digunakan untuk merepresentasikan makna. Oleh karena itu, digunakan pendekatan semiotik untuk mengkaji makna yang tersirat dari teks, gambar, dan warna yang digunakan. Dalam penelitian ini, pendekatan semiotik multimodal digunakan untuk mengkaji gambar, warna, dan teks pada iklan Wedding Organizer.Model analisis multimodal dikembangkan dari perpaduan analisis multimodal oleh Kotler dan Amstrong, (2009:236) dan Cheong (Sinar,2012:136). Dari hasil analisis iklan wedding organizer mencakup atas verbal, teks visual dan gabungan keduanya dari teori tersebut.
Copyrights © 2024