Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9, No 1 (2024)

MULTIMODALITAS PADA IKLAN WEDDING ORGANIZER

Mitha Br Tarigan, Selo (Unknown)
Sapta Rindu Simajuntak, Dairi (Unknown)
Rosalinda Napitupulu, Evi (Unknown)
Karolina Br Karo, Yesi (Unknown)
Arta Siregar, Widi (Unknown)
Morado Saragih, Yehezkiel (Unknown)
Juliani, Rani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang multimodalitas pada iklan wedding organizer. tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pada iklan wacana multimodal yang mengkaji dalam teks yang dikombinasikan dengan gambar, warna, simbol, dan sumber semiotik lainnya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriftif kualitatif melalui observasi dengan mengambil sumber data dari postingan instagram. Teks dan sumber daya semiotik tersebut digunakan untuk merepresentasikan makna. Oleh karena itu, digunakan pendekatan semiotik untuk mengkaji makna yang tersirat dari teks, gambar, dan warna yang digunakan. Dalam penelitian ini, pendekatan semiotik multimodal digunakan untuk mengkaji gambar, warna, dan teks pada iklan Wedding Organizer.Model analisis multimodal dikembangkan dari perpaduan analisis multimodal oleh Kotler dan Amstrong, (2009:236) dan Cheong (Sinar,2012:136). Dari hasil analisis iklan wedding organizer mencakup atas verbal, teks visual dan gabungan keduanya dari teori tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...