Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas X melalui penggunaan Educaplay dalam model Problem Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam empat siklus yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dengan subjek 36 siswa kelas X di sebuah SMA Negeri di Medan. Instrumen yang digunakan meliputi angket minat belajar, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Educaplay dalam model PBL secara signifikan meningkatkan minat belajar matematika siswa. Rata-rata skor angket minat belajar meningkat dari 55 (kategori rendah) sebelum tindakan menjadi 87 (kategori sangat tinggi) setelah siklus IV. Observasi menunjukkan peningkatan partisipasi dan keterlibatan siswa, dengan 95% siswa aktif pada siklus IV. Wawancara dan dokumentasi juga mendukung temuan ini, dengan siswa dan guru memberikan tanggapan positif terhadap metode ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi Educaplay dalam model PBL efektif dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa. Disarankan agar guru lebih sering menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dan menerapkan model PBL untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menarik.
Copyrights © 2025