Nanggroe: Journal Of Scholarly Service
Vol 3, No 7 (2024): Oktober

Inovasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Penggunaan Teknologi Digital dan Media Sosial Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak-Anak Sekolah di Kawasan Teluk Tomini

Pakaya, Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2024

Abstract

Mengajarkan bahasa Inggris pada anak Sekolah menengah pertama bukan hal yang mudah mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa asing bagi siswa di Indonesia. Berbagai tantangan dan kendala bisa dialami guru dalam mengajar bahasa Inggris; utamanya dalam melatih keterampilan produktif siswa seperti keterampilan speaking atau berbicara. Oleh karenanya, inovasi dalam pembelajaran bahasa Inggris menjadi suatu keharusan seperti, penggunaan teknologi digital dan media sosial untuk meningkatkan motivasi belajar anak-anak. Berdasarkan hal ini, kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk membantu memaksimalkan pembelajaran bahasa Inggris bagi anak-anak usia sekolah menengah pertama, sekaligus mengenalkan bahasa Inggris bagi mereka yang belum cukup dipelajari. Kegiatan ini difokuskan pada potensi penggunaan teknologi digitaldan media social dalam meningkatkan motivasi belajar anak-anak sekolah. Lokasi kegiatan pengabdian adalah di Kawasan Teluk Tomini. Target yang ingin dicapai adalah dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan pendidikan bahasa Inggris pada anak usia sekolah menengah pertama di kawasan Teluk Tomini, serta diharapkan menjadi landasan bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih progresif dan inklusif di masa mendatang. 

Copyrights © 2024