Peningkatan ekonomi masyarakat melalui program zakat community development (ZCD) membutuhkan peran stakeholder yang maksimal sebagai strategi dalam mencapai tujuan. Tujuan penelitian diatas untuk mengetahui peran stakeholder, strategi, dan panduan sistem yang dibuat oleh Baznas Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Jawa Barat khususnya di Kota Bandung, serta metode mactor yang menganalisis aktor dan faktor dalam indikator kesuksesan pemberdayaan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran stakeholder dalam melaksanakan program Zakat Community Development (ZCD) sangat efektif, dengan meningkatnya daya jual, meningkatnya daya produksi, dan meningkatnya pendapatan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat. Strategi kegiatan dalam memberdayakan pelaku usaha atau penerima manfaat BAZNAS yaitu sebagai berikut: a) edukasi wirausaha; b) sarana usaha c) modal usaha; d) perbaikan peralatan usaha; e) advokasi legalitas; penguatan produk; f) penguatan jaringan marketing. Program pedoman system yang dibuat Baznas dengan membuat wirausaha di berbagai bidang, yaitu wirausaha mandiri bidang peternakan, pertanian, perikanan, kerajinan tangan, dan olahan makanan.
Copyrights © 2024