Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kreatifitas dan motivasi terhadap minat berwirausaha secara parsial dan pengaruh kreatifitas dan motivasi terhadap minat berwirausaha secara simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yaitu penilaian terhadap variable-variabel penelitian disajikan dalam bentuk angka kemudian diolah sehingga menghasilkan data hasil pengolahan yang dapat digunakan untuk menjelaskan hubungan antar variable yang diteliti. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan kuisioner. Data pada penelitian ini akan diolah dengan metode regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini bahwa secara parsial a. Nilai Sig. variabel kreativitas (X₁) terhadap minat berwirausaha (Y) sebesar 0,083. Nilai 0,083 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa secara parsial kreativitas (X₁) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha (Y), Nilai Sig. variabel motivasi (X₂) terhadap minat berwirausaha (Y) sebesar 0,126. Nilai 0,126 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 ditolak. Hal tersebut menunjukkan secara parsial pengetahuan kewirausahaan (X₂) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha (Y), dan hasil uji F menunjukan bahwa nilai F hitung 1,299 < 4,210 (F tabel) serta nilai Sig. 0,279 > 0,05 maka bisa menampilkan bahwa variabel kreativitas (X₁), motivasi (X₂) tidak berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha (Y). Kata kunci: kreatifitas, motivasi, minat
Copyrights © 2024