KADIKMA
Vol 15 No 3 (2024): Desember 2024

TRANFORMATION PYRAMID GAME: MOOD BOOSTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI

Susanti, Adisah (Unknown)
Fathorrozi, Moh (Unknown)
Anita, Anita (Unknown)
Zayyadi, Moh (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi transformasi geometri melalui transformation pyramid game. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian wawancara kepada subjek penelitian dan dokumentasi pada saat pelaksanaan riset. Sedangkan teknik analisis data pada peneitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pada penelitian ini, hasil belajar diperoleh dari hasil posttest yang sudah dikerjakan oleh setiap kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dari hasil ptetest dan pottest yang dikerjakan siswa. Rata- rata siswa bisa menjawab soal posttest dengan benar. Untuk soal posttest tentang refleksi: siswa sudah bisa mengerjakan soal dengan benar dengan meggunakan rumus yang ada, untuk soal posttest tentang dilatasi: siswa bisa menggunakan rumus dan perhitungannya juga benar, untuk soal posttest tentang transali: siswa bisa menggunkan rumus tetapi salah dalam pengoperasiannya, dan untuk soal posttest tentang rotasi: siswa menjawab benar dengan menggunakan rumus rotasi tetapi kebingungan saat melakukan operasi perkalian dua matriks

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kadikma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

KadikmA (p-ISSN: 2085-0662 dan e-ISSN: 2686-3243) adalah jurnal nasional bidang Matematika dan Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Jember. Kadikma terbit 3 kali dalam setahun pada bulan April, Agustus dan Desember. Jurnal Matematika dan ...