Technologia: Jurnal Ilmiah
Vol 15, No 4 (2024): Technologia (Oktober)

Studi Literatur: Pemanfaatan Augmented Reality Dalam Game Sejarah

Santoso, Muhammad Lucky Lazuardi (Unknown)
Kurniawardhani, Arrie (Unknown)
Huda, Sheila Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2024

Abstract

Dalam era digital saat ini, teknologi Augmented Reality (AR) telah menjadi inovasi dominan di berbagai bidang, terutama dalam gim. Gim berlatar belakang sejarah dapat menjadi alat yang efektif untuk memperkenalkan dan menghidupkan kembali cerita masa lalu bagi para pemain. Namun, ada tantangan dalam menyajikan konten sejarah yang menarik karena kurangnya keterlibatan pemain. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji  penerapan AR dalam pengembangan industri gim berlatar belakang sejarah. Kajian akan dilakukan pada literatur-literatur yang membahas tentang gim yang berlatarkan sejarah dan memanfaatkan AR. Artikel yang dikaji dalam penelitian ini berjumlah 20 artikel  jurnal nasional dan internasional yang didapatkan melalui  aplikasi  Publish or  Perish dan Google Scholar. Berdasarkan hasil analisis didapatkan metode implementasi AR yang sering digunakan adalah marker based (90%), markerless (5%), dan kombinasi marker based-markerless (5%). Sedangkan objek AR yang sering ditampilkan yaitu Bangunan sejarah (45%). Kemudian lokasi pemindaian yang paling disukai yaitu offsite atau dapat diakses dimana saja (75%). Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan AR memiliki potensi besar untuk dikembangkan dalam proses pengenalan sejarah secara modern melalui sebuah gim.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIT

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Technologia: Jurnal Ilmiah adalah wadah informasi, hasil penelitian, dan tulisan terkait bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Frekuensi terbitan pada jurnal ini 4 kali dalam setahun ...