Prestasi akademik mahasiswa merupakan indikator utama dalam mengevaluasi efektivitas pendidikan tinggi. Namun, pencapaian prestasi mahasiswa yang optimal menghadapi berbagai tantangan, khususnya dalam mata kuliah Manajemen Proyek yang menggunakan pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). Berdasarkan pengamatan, mahasiswa seringkali kesulitan memenuhi standar akademik karena faktor internal dan eksternal, terutama yang terkait dengan motivasi dan keterampilan memecahkan masalah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memetakan kinerja mahasiswa dengan menilai prestasi mahasiswa dan mengkaji peran motivasi, kemampuan pemecahan masalah dalam konteks PjBL pada mata kuliah Manajemen Proyek di Telkom University. Penelitian menggunakan K-Means clustering untuk mengelompokkan kinerja mahasiswa berdasarkan tingkat motivasi dan kemampuan pemecahan masalah, yang memberikan analisis komprehensif tentang dampak faktor-faktor tersebut terhadap prestasi akademik. Hasilnya menunjukkan terdapat 4 cluster dalam pola kinerja yang berbeda di antara kelompok, yang menyoroti pentingnya motivasi dan pemecahan masalah dalam keterlibatan mahasiswa dan penyelesaian proyek yang berhasil. Mahasiswa yang tergolong dalam cluster 1 menunjukkan kinerja akademik tertinggi, sedangkan mahasiswa dalam cluster 3 menunjukkan kinerja terendah. Temuan penelitian ini menawarkan wawasan berharga bagi para pendidik dan lembaga untuk mengembangkan strategi yang tepat sasaran yang meningkatkan motivasi dan kemampuan memecahkan masalah pada mahasiswa.
Copyrights © 2025