Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 2 (2024): Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Penerapan Administrasi Kelas Dalam Meningkatkan Keberhasilan Belajar Siswa Di Kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon

Fauziah, Vina (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya keberhasilan belajar di sekolah, kurangnya administrasi yang efektif. Faktor administrasi seperti absen yang tidak tercatat dengan baik, kehadiran siswa yang tidak terpantau, dan jadwal pelajaran yang terlalu padat dapat berdampak negatif pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui keberhasilan belajar siswa kelas 3 MI Al Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon, 2) mengetahui penerapan administrasi kelas dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa di kelas 3 MI Al Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon, 3) mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung penerapan administrasi kelas dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa di kelas 3 MI Al Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitan menunjukkan bahwa keberhasilan belajar memperole kategori baik. Hasil observasi dan wawancara penerapan administrasi kelas 3 cukup memenuhi dan lengkap. Selain itu, hasil wawancara faktor pengahambat dalam penerapan administrasi kelas dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa yaitu kehadiran siswa dan faktor pendukungnya adalah kerjasama orangtua siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Administrasi Kelas dapat Meningkatkan Keberhasilan Belajar Siswa Kelas 3 MI Al Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...