Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 2 (2024): Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Minat Belajar Matematika Kelas V SDN 1 Waringin Tahun Pelajaran 2024/2025

Hudaibiah, Hudaibiah (Unknown)
Kudsiah, Musabihatul (Unknown)
Atiaturrahmania, Atiaturrahmania (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Penelitian yang peneliti lakukan memiliki tujuan untuk menganalisis serta mengetahui kesulitan peserta didik dalam menngerjakan soal pemecahan masalah pada materi bangun ruang kelas V SDN 1 Waringin. Penelitian ini adalah peneitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu kesulitan peserta didik dalam mengerjakan soal pemecahan masalah materi bangun ruang kelas V SDN 1 Waringin. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V dan guru kelas V SDN 1 Waringin. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknis tes, observasi, angket, waawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan metode reduksi data dan penyajian data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas V memiliki kesulitan dalam mengerjakan soal pemecahan masalah matematika materi bangun ruang. Dari 23 peserta didik diketahui terdapat 7 peserta didik memiliki kamampuan tingkat tinggi, 11 peserta didik memiliki kemampuan tingkat sedang, dan 5 peserta didik memiliki kemampuan tingkat rendah. Setiap tingkatan kemampuan akan diambil 4 peserta didik pada setiap tingkatan kemampuan, Peserta didik dengan kemampuan tinggi tidak mengalami kesulitan apapun. Peserta didik dengan kemampuan tingkat sedang mengalami kesulitan mengeksplorasi dan menyusun strategi. Peserta didik dengan kemampuan rendah memiliki kesulitan pada setiap tahapan menyelesaikan soal pemecahan masalah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...