Globalisasi telah mendorong interaksi antar bangsa di seluruh dunia menjadi semakin terbuka dan seolah tanpa batas. Istilah "Korean wave" mengacu pada penyebaran budaya populer Korea secara luas, yang sering dimanifestasikan dalam berbagai bentuk seperti musik, drama, makanan, mode, dan lainnya. Fenomena ini terlihat dari meningkatnya permintaan terhadap produk-produk asal Korea. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji self control atas pengelolaan keuangan penggemar kpop terkhusus kepada remaja-remaja di Indonesia. Pengumpulan dan pemilihan data dilakukan dengan menggunakan explanatory sequential design. Sebanyak 100 responden yang memenuhi kriteria berpartisipasi dalam penelitian ini, dimana 10 diantaranya di wawancara secara mendalam untuk memahami bagaimana pengelolaan keuangan mereka sebagai penggemar kpop. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kontrol diri (self-control) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan remaja dalam mengelola keuangan mereka. Pengaruh ini terlihat berkaitan erat dengan cara remaja menunjukkan kecintaan mereka serta bagaimana mereka mengidentifikasi diri dalam sebuah area komunitas atau fandom. Dengan kata lain, semakin baik kontrol diri yang dimiliki oleh seorang remaja, semakin efektif pula mereka dalam mengelola pengeluaran, meskipun mereka terlibat dalam aktivitas konsumtif yang terkait dengan kecintaan mereka sebagai bagian dari penggemar kpop.
Copyrights © 2023