Semangka merupakan salah satu komoditas hortikultura yang mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi. Aspek pemasaran menjadi bagian penting dari kelangsungan usahatani semangka dan peningkatan pendapatan petani. Tujuan dari penelitian mengetahui tingkat produksi buah semangka yang dihasilkan petani, saluran pemasaran dan keuntungan saluran pemasaran semangka yang digunakan petani di Kampung Sumber Boga. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif terkait tingkat produksi dan pemasaran semangka. Hasil penelitian menunjukkan produksi rata-rata petani semangka sebanyak 2.570,3/kg per musim panen dengan produksi maksimum 6.000 kg dan minimum 1.400 kg. Pemasaran produksi semangka yang dilakukan petani menggunakan dua saluran pemasaran. Saluran pertama, petani semangka memasarkan ke pedagang retailer (supermarket) dan selanjutnya supermarket menjual kembali ke konsumen. Kemudian saluran kedua, petani semangka memasarkan ke pedagang pengumpul yang sekaligus merangkap sebagai pedagang pengecer di pasar dan menjual kembali pada konsumen. Dari kedua saluran pemasaran tersebut, 90 % petani semangka menggunakan saluran pertama. Keuntungan pemasaran pada saluran pertama yang diperoleh retailer (supermarket) sebesar Rp 10.833,- per kg dan dalam satu kali pembelian semangka keuntungan supermarket sebesar Rp. 6.500.000,-. Sedangkan saluran kedua keuntungan pemasaran pedagang pengumpul/pengecer sebesar Rp 8.500,- per kg dan dalam satu kali pembelian keuntungan sebesar Rp 850.000,- Usahatani semangka memiliki prospek yang besar dalam meningkatkan pendapatan petani karena kegiatan budidaya semangka mempunyai umur panen yang singkat sekitar tiga bulan setelah tanam dan produk buah semangka sangat disukai masyarakat sehingga permintaan pasar masih tersedia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024