Pendidikan karakter di sekolah/madrasah memiliki peran penting dalam membentuk generasi yang tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga berakhlak mulia, beretika, dan bertanggung jawab sosial. Artikel ini mengkaji pendidikan karakter melalui pendekatan literatur, dengan tujuan untuk menganalisis tujuan, fungsi, landasan hukum, bentuk dan model pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah/madrasah serta penanaman nilai dan upaya pendidikan karakter di sekolah/madrasah. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan karakter harus diintegrasikan ke dalam semua aspek pembelajaran, termasuk kegiatan akademik dan ekstrakurikuler, dengan dukungan penuh dari guru, orang tua, dan masyarakat. Implementasi pendidikan karakter juga dihadapkan pada berbagai tantangan seperti kurangnya pemahaman guru, keterbatasan sumber daya, serta dampak era digital. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan inovasi yang mendalam, peningkatan kompetensi guru, serta sinergi antar pemangku kepentingan. Melalui pendidikan karakter yang efektif, yang diiringi dengan internalisasi nilai-nilai karakter serta dukungan yang kuat dari pemerintah dan lembaga sekolah/madrasah, peserta didik akan siap menghadapi tantangan global dengan moralitas dan integritas yang tangguh.
Copyrights © 2024