Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD UNTUK HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Rahmadillah, Andi (Unknown)
Mamu, Mansyur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X DPIB 1 SMK Negeri 2 Makassar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X DPIB 1 SMK Negeri 2 Makassar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 2-8 Mei 2024 dan siklus kedua dilaksanakan pada tanggal 15-17 Mei 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X DPIB 1 SMK Negeri 2 Makassar. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik dari 74,8% pada siklus I menjadi 88,65% pada siklus II. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, memotivasi peserta didik untuk belajar, dan membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Temuan ini memiliki implikasi teoritis dan praktis bagi guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...