MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 3 (2024): MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika

Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di SMAS Al-Washliyah 1 Medan

Lubis, Tri Resti Andini (Unknown)
Siregar, Rosliana (Unknown)
Azis, Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis model problem-based learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di SMAS Al-Wasliyah 1 Medan. Sampel penelitian siswa kelas XI IPA yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Desain (nondesain). Analisis data dalam penelitian ini adalah uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji N-Gain dan uji t untuk melihat nilai signifakansi pembelajaran berdiferensiasi berbasis model problem-based learning berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil pengujian data diperoleh hasil uji t dengan nilai Sig.(2-tailed) diperoleh nilai signifkasi 0,000 < 0,05 dan diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 7,554>2,048 menunjukkan berpengaruh positif terhadap penalaran matematis siswa sedangkan dilihat dari nilai rata-rata (mean) N-Gain bahwa pembelajaran berdiferensiasi berbasis model problem-based learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan perolehan nilai peningkatan 0,4575 dengan persentase 45,7501. Hal ini dapat disimpulkan bahwa besar persen yang dihasilkan pembelajaran berdiferensiasi berbasis model problem-based learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMAS Al-Wasliyah 1 Medan sebesar 45% termasuk dalam kategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) ...