Penggunaan media pembelajaran mendukung pembelajaran mandiri mahasiswa, khususnya dengan penerapan teknologi Kecerdasan Buatan (AI). Pengembangan chatbot pembelajaran menjadi solusi yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dalam mata kuliah pemrograman berorientasi objek. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, dengan uji coba kelayakan aplikasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Uji Black Box mencapai 100% keabsahan; (2) Validasi ahli media dengan nilai Likert 88% dan Aiken’s V 0,77; (3) Validasi ahli materi dengan nilai Likert 90% dan Aiken’s V 0,86; (4) Skala Likert pada instrumen Self-Regulated Learning (SRL) mencapai 79,5% (Sangat Baik). Kesimpulannya, media pembelajaran BelajarMU dinilai “Sangat Baik” dalam meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa.
Copyrights © 2024