Hortatori : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8, No 2 (2024): Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Pengembangan Media Flashcard Berbasis Karakter Benda untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Wahyuni, Sophi Tri (Unknown)
Arini, Novanita Whindi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan tahapan ADDIE. Tujuan dari penelitian ini yaitu menciptakan barang baru atau menyempurnakan barang yang sudah ada sebelumnya. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan analisis kebutuhan, desain flashcard berbasis karakter benda, pengembangan konten dan interaktivitas, implementasi dalam konteks pembelajaran, serta evaluasi terhadap efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Evaluasi dilakukan dengan mengukur tingkat keterlibatan siswa, pemahaman kata, dan motivasi belajar siswa. Sasaran utama dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Flashcard merupakan kartu bergambar yang memiliki desain dengan gambar, atau foto yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi siswa. Ciri khas dari media flashcard ini yaitu sangat praktis dan mudah digunakan baik saat proses belajar mengajar maupun di luar pembelajaran. Penelitian ini menggunakan beberapa tahapan untuk mendapatkan data yaitu adanya sampling pre-test, post-test, validasi media, uji coba kecil hingga uji coba besar. Sehingga dalam penelitian ini mendapatkan data secara spesifik pada saat pre-test diperoleh hasil persentase sebesar 34,76%, setelah dilakukan uji coba kecil dan besar, persentasenya meningkat menjadi 70,76% pada tahap post-test, dan tahap validasi yang dilakukan ole para ahli mendapatkan hasil persentase sebanyak 98,22%, sehingga menunjukkan bahwa media ini sangat layak untuk digunakan dan diimplikasikan kepada siswa.Kata Kunci: Membaca, Flashcard, Siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hortatori

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Hortatori: Journal of Language Studies is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts and theories in ...