Pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks deskripsi, penerapan pendekatan saintifik dapat mempermudah peserta didik untuk memahami, menganalisis, serta menghasilkan teks deskripsi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis penerapan pendekatan saintifik pada materi teks deskripsi di MTS Al-Khairiyah. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran berupa mengamati, menanya, menalar, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks deskripsi di MTS Al-Khairiyah pada tahap mengamati, menanya, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan telah berjalan dengan baik dan sesuai. Namun, pada tahap menalar peserta didik masih mengalami kesulitan. Rekomendasi penelitian ini secara lebih mendalam diperlukan untuk menilai efektivitas penggunaan pendekatan Saintifik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada materi teks deskripsi di MTs Al-Khairiyah, dengan tujuan memperkaya pemahaman peserta didik serta meningkatkan keterampilan berbahasa yang kritis dan analitis.Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia; Teks Deskripsi; Pendekatan Saintifik
Copyrights © 2024