Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh komunikasi internal terhadap pencapaian akademik mahasiswa, dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi, karena komunikasi yang efektif antara mahasiswa, dosen, dan staf administrasi dianggap penting dalam menciptakan lingkungan akademik yang mendukung. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif, mengumpulkan data dari 330 mahasiswa Prodi Manajemen (FEB UNM) angkatan 2021-2024 yang dipilih secara acak melalui kuesioner, dan dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi internal memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa, dengan kepercayaan bertindak sebagai variabel mediasi yang memperkuat hubungan tersebut. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya membangun komunikasi yang efektif dan adanya kepercayaan untuk meningkatkan pencapaian akademik, dengan implikasi bahwa institusi pendidikan perlu memfasilitasi interaksi yang lebih terbuka dan mendukung di antara semua pihak terkait.
Copyrights © 2024