Gulawentah:Jurnal Studi Sosial
Vol. 9 No. 2 (2024)

Beauty privilege dan perilaku konsumtif mahasiswi pengguna produk kecantikan

Cahyani, Risma Puspita (Unknown)
Hidayat, Medhy Aginta (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan menjelaskan perilaku konsumtif mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura pengguna produk kecantikan MS Glow dalam upaya memperoleh beauty privilege(hak istimewa kecantikan).Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan memanfaatkan kerangka teori nilai-tanda (sign-value) dan nilai-simbol (symbolic value) dari Jean Baudrillard sebagai pisauanalisis utama. Beberapa langkah yang dilakukan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara-mendalam, serta penelusuran dokumen terkait topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumtif para mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura pengguna produk kecantikan MS Glow cenderung dipicu oleh nilai-tanda (sign-value) dan nilai-simbol (symbolic-value) yang disematkan ke dalam produk-produk kecantikan MS Glow, alih-alih oleh nilai-guna (use-value) dan nilai-tukar (exchange-value) produk-produk tersebut. Para mahasiswi dalam penelitian ini sangat memperhatikan penampilan dan kecantikan diri mereka karena didorong oleh hasrat untuk mendapatkan beauty privilege(hak istimewa kecantikan) dalam lingkaran pergaulan terdekatnya. Di sisi lain, dengan menggunakan tanda, simbol dan brandingcitraperempuan yang cantik dan glowing (bersinar), produk-produk kecantikan MS Glowmampu mendorong para mahasiswi penggunanya untuk menjadi lebih konsumtif demi mengejar beauty privilege (hak istimewa kecantikan).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gulawentah

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

gulawentah: Jurnal Studi Sosial with regitered number ISSN : 2528-6893 (print) , e-ISSN : 2528-6871 is scientific journals which publish articles from the fields social science and social science ...