D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2024)

OPTIMALISASI KOMPETENSI GURU SEJARAH MELALUI PENDAMPINGAN PENERAPAN INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK

Khoirul Huda (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Mata pelajaran sejarah hingga saat ini dianggap kurang menyenangkan. Salah satu penyebabnya guru belum banyak menampilkan kreasi mengelola pembelajaran yang berdampak pada siswa. Hal ini mengindikasikan belum optimalnya kreativitas mendesain pengajaran sejarah yang berkesan. Pada saat mengajar dominan menampilkan metode lama yakni ceramah bervariasi dan media belum kekinian seperti power point atau peta kertas. Tujuan pengabdian untuk meningkatkan cara mengajar dengan menggunakan inovasi model pembelajaran berbantuan teknologi bersifat aplikatif. Metode pendampingan dengan pendekatan pemberian pengetahuan dan layanan asuh melalui sistem amatan ketika guru mengajar. Lokasi di kelas sejarah program studi pendidikan profesi guru Universitas PGRI Madiun. Hasilnya menunjukkan ada perubahan terhadap keterampilan mengajar menjadi makin inovasi. Dari sepuluh guru sejarah yang menjadi mitra sebanyak sembilan orang menerapkan inovasi model pembelajaran berbasis masalah dan discovery learning. Kemudian sebanyak lima orang juga telah memadukan aspek TPACK pada implementasi media canva maupun wakelet. Pada saat mengajar media ini mengintegrasikan materi sejarah melalui model pembelajaran. Perubahan cara mengajar tersebut direspons positif siswa dengan selalu aktif dan bersemangat selama kelas sejarah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dedukasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Fokus dan ruang lingkup jurnal ini yaitu kegiatan hasil pengabdian masyarakat pada bidang pendidikan, akuntansi, ekonomi, dan kewirausahaan.Harapan dari terbitnya jurnal ini adalah untuk menampung dan menyebarluaskan informasi mengenai hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang memberikan solusi atas ...