Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 4 No 4 (2024): Vol. 4 No. 4 Edisi November 2024

VARIASI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI/SD

Mukhbita, Nasrina (Unknown)
Maknun, Lu’luil (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Pembelajaran tematik adalah pelajaran tema yang menggabungkan dua mata pelajaran menjadi satu pelajaran, sehingga dapat memberi pengetahuan baru untuk siswa. Model tematik mencakup beberapa indikator, kompetensi belajar serta hasil belajar siswa. Model pembelajaran tematik diharapkan bissa lebih menonjol dengan model pembelajaran yang lain serta relavan dengan tuntunan pendidikan pada abad ke-21 ini. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui apa saja variasi model pembelajaran tematik yang strategis di abad ke-21. Metode penelitian ini menggunakan Library Research yaitu dengan mencari, mengumpulkan serta menganalisis data untuk disajikan dan diolah dalam bentuk laporan penelitian. Penelitian ini mengumpulkan dengan datanya beruapa literatur sebelumnya, literatur tidak hanya buku saja bisa berupa dokumentasi, jurnal, majalah, surat kabar dan lainnya. Hasil penelitian ini bahwa pembelajaran tematik terpadu pada abad ke-21 merupakan hal yang strategis untuk meyelesaikan masalah yang ada serta bisa bersaing terbuka kedepannya secara global. bahwa variasi model pembelajaran tematik pada abad ke-21 di MI/SD memiliki berbagai model pembelajaran 4 diantaranya: Model pembelajaran Discovery/Inquiry, Model Pembelajaran Berbasis Masalah Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Model Pembelajaran Kooperatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...