Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education
Vol 9 No 2 (2022): Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Universitas Negeri Pa

Instagram sebagai Third Place Virtual Pria selama Pandemi Covid-19

Astuti, Irawati Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang penggunaan Instagram sebagai third place virtual kaum pria selama pandemi Covid-19 melanda. Diketahui, selama pandemi Covid-19, aktivitas masyarakat terkungkung hanya di rumah saja sehingga rumah yang sedianya menjadi first place juga berfungsi sebagai second place, yaitu tempat kerja. Sementara untuk mengunjungi third place yakni tempat untuk bersosialisasi secara santai sulit dilakukan karena adanya anjuran dan perintah untuk diam di rumah demi meniadakan penularan Covid-19. Sebagai alternatif, para pria melirik media sosial, terutama Instagram, sebagai sarana berkomunikasi yang aman tanpa bersentuhan secara fisik karena komunikasi dilakukan dengan komputer sebagai mediasinya. Dengan menggunakan metode kualitatif berupa analisis isi, peneliti menilai unggahan-unggahan di akun Instagram @bapak2id yang menjadi pilihan banyak kaum pria sebagai tempat bersosialisasi secara virtual. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @bapak2id menjadi pilihan sebagai third place virtual karena konten dan interaksi yang dihadirkan di akun tersebut memenuhi delapan karakteristik yang disyaratkan Oldenburg (1989) agar sebuah tempat bisa disebut sebagai third place. Konten @bapak2id yang penuh humor, hangat, terbuka untuk siapa saja, dan low profile membuat kaum pria membentuk koneksi dengan para founder maupun dengan sesama pengikut akun tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

socius

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education (E-ISSN: 2442-8663) is a Scientific Journal published by Universitas Negeri Padang in in collaboration with Perkumpulan Profesi Pendidik dan Peneliti Sosiologi Indonesia (AP3SI), discussing educational, social and cultural phenomena that are ...