Salah satu inovasi pendidikan yang bertujuan untuk membantu peserta didik memahami teori mendalam melalui proses pembelajaran praktik-empirik adalah model problem based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan model problem based learning dengan pendekatan saintifik terhadap materi termodinamika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Desain penelitian merupakan desain kuantitatif yang menggunakan metode Pre-Experimental Design One-Group Pretest-Posttest. Sampel pada penelitian ini yaitu 31 peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Budi Luhur Samarinda. Tes essay 10 soal digunakan untuk mengumpulkan data sebelum dan sesudah perlakuan. Uji normalitas, uji paired sample t test, dan uji N-Gain digunakan dalam penelitian ini. Nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 didapat pada uji paired sample t test. 10,19 adalah rata-rata nilai pretest, dan 77,13 adalah rata-rata nilai posttest. Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik termasuk dalam kategori tinggi berdasarkan perolehan rata-rata hasil N-Gain sebesar 0,75. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah diberi perlakuan.
Copyrights © 2024