Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2024): Juni

Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Balok

Elisabet, Wulan (Unknown)
Sesanti, Nyamik Rahayu (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)
Marsitin, Retno (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Guru mengemukakan bahwa kurangnya antusias siswa terhadap materi, sehingga peserta didik cenderung kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Guru berangapan bahwa kurangnya latihan-latihan soal yang ada di buku yang mendukung pada pembelajaran matematika sehingga menjadi salah satu faktornya. Tujuan utama penelitian untuk mengetahui pengembangan E-LKPD berbasis Problem Based Learning, Kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan E-LKPD berbasis Problem Based Learning. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau R&D (Reseach And Devolopment). Model penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang mencakup Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Impementasi), dan Evaluation (Evaluasi). E-LKPD berbasis Problem Based Learning memenuhi kriteria : 1) uji kelayakan dengan kategori “sangat layak” dengan presentase oleh ahli media 86,1%, ahli materi 80,7% dan ahli bahasa 92,9%. 2) Uji kepraktisan guru memperoleh 89,2% dengan kategori “sangat praktis”, uji kepraktisan siswa memperoleh 86,6% dengan kategori “sangat praktis”. 3) uji keefektifan memperoleh rata-rata 91 dan presentase didapatkan nilai sebesar 0,837 dengan kategori “Tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD dapat digunakan dalam pembelajaran karena layak, praktis dan efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran menerbitkan beragam riset dari para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, mahasiswa, dan para praktisi pendidikan. Naskah yang diterbitkan mencakup isu aktual dan problem terbaru tentang proses pembelajaran, desain pembelajaran, manajemen kelas, ...