Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian di banyak negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tapi masalah utama UMKM adalah lemahnya manajemen. Banyak pelaku usaha belum memiliki kemampuan mengelola bisnis secara terstruktur, sistematis, dan strategis. Tujuan program pengabdian masyarakat bagi pelaku UMKM di Kabupaten Purworejo adalah untuk meningkatkan kapabilitas manajerial, daya saing usaha, sekaligus mendorong peningkatan kualitas produk dan layanan yang dihasilkan oleh pelaku UMKM. Untuk mencapai tujuan ini, digunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yang merupakan metode penelitian dengan mengumpulkan dan menganalisis data berupa kata-kata, gambar, atau dokumen non-numerik. Hasil tinjauan pustaka menunjukkan bahwa pelatihan manajemen memiliki dampak signifikan bagi UMKM. Sementara hasil pelatihan mengindikasikan peningkatan kapasitas manajemen pelaku UMKM. Mereka mulai bisa merencanakan aksi ke depan secara sistematis, semakin optimis menatap masa depan, lebih memahami praktek (aplikasi) manajemen bisnis, memiliki pola fikir dinamis, dan berwawasan manajerial yang lebih luas. Dengan program pengabdian ini, diharapkan UMKM di Kabupaten Purworejo dapat terus berkembang, memberikan manfaat ekonomi yang lebih luas, dan berkontribusi lebih besar terhadap kesejahteraan masyarakat.
Copyrights © 2024