Karakter berkebhinekaan global merupakan kemampuan peserta didik untuk mempertahankan budaya luhur, lokalitas, dan identitas, sembari tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain. Karakter ini mendorong rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru yang positif tanpa bertentangan dengan nilai-nilai budaya bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital citizenship terhadap pembentukan karakter berkebhinekaan global pada peserta didik. Pendekatan kuantitatif dengan metode survei digunakan dalam penelitian ini, melibatkan 74 responden yang dipilih melalui teknik simple random sampling dari total populasi sebanyak 287 peserta didik. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital citizenship memiliki pengaruh signifikan terhadap karakter berkebhinekaan global, dengan kontribusi sebesar 63,6%. Temuan ini menegaskan pentingnya peran literasi digital dalam membentuk peserta didik yang mampu menghargai keberagaman global tanpa meninggalkan jati diri budaya lokal. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pendidik untuk mengintegrasikan pendidikan kewarganegaraan digital dalam upaya menanamkan nilai-nilai kebhinekaan global.
Copyrights © 2024