Industri perhotelan merupakan bagian dari indutri pariwisata di Bali. Setiap perusahaan tentunya perlu menerapkan prinsip-prinsip sistem pengendalian internal. Dengan adanya pengendalian Internal perusahaan dapat memastikan bahwa seluruh barang yang diterima sesuai dengan pesanan, standar kualitas, dan kebutuhan operasional. Bali Mandira Beach Resort & Spa merupakan salah satu perusahaan yang sudah menerapkan sistem pengendalian internal yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sistem pengendalian internal penerimaan barang pada Bali Mandira Beach Resort & Spa sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar operasional perusahaan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualutitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bali Mandira Beach Resort & Spa telah menerapkan prosedur standar dalam penerimaan barang, Sebagai solusi, penelitian ini merekomendasikan penerapan sistem teknologi berbasis digital untuk mempermudah pencatatan, pengawasan, dan pelaporan, serta program pelatihan bagi staf terkait. Dengan penguatan sistem pengendalian internal, diharapkan efisiensi dan akurasi dalam proses penerimaan barang dapat meningkat, sehingga mendukung operasional perusahaan secara keseluruhan
Copyrights © 2025