Setiap perusahan tentu memiliki sistem pengendalian internal yang salah satunya berfungsi untuk mendukung operasional perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis efektivitas sistem pengendalian internal yang diterapkan dalam pembelian barang oleh Purchasing. Penelitian ini mengambil tempat di Hotel Holiday Inn Bali Sanur. Sistem pengendalian internal tentu sangat penting untuk mengidentifikasi potensi terjadinya kesalahan saat membeli barang operasional hotel, maka dari itu perusahaan harus memiliki sistem pengendalian internal yang efektif agar perusahaan dapat berjalan dengan lancar dan efisien. Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya kesalahan dalam pengiriman barang oleh supplier di mana barang yang dikirimkan tidak sesuai, jumlah barang yang dikirimkan tidak sesuai atau kualitas barang yang tidak memenuhi standar dimana hal tersebut dapat mengganggu kegiatan operasional hotel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalu wawancara dengan salah satu karyawan purchasing, observasi dan analisis dokumen-dokumen yang berkaita dengan prosedur pembelian barang seperti Purchase Request (PR) dari setiap departemen yang ingin membeli kebutuhan operasional dan Purchase Order (PO) yang akan dikirimkan ke setiap supplier yang bekerja sama dengan hotel.
Copyrights © 2025