Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengendalian internal dalam proses penerimaan barang di Hotel Fairfield by Marriott Bali Legian. Pengendalian internal yang efektif sangat penting untuk memastikan bahwa seluruh proses penerimaan barang berjalan sesuai dengan standar operasional, mengurangi risiko kesalahan, serta mencegah potensi kecurangan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi langsung pada obyek laporan. Hasil analisis menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal pada proses penerimaan barang telah dilaksanakan dengan kebijakan yang telah ditetapkan, namun masih terdapat beberapa kelemahan, seperti kurangnya pengawasan dalam pencocokan dokumen dan ketidaksesuaian jumlah barang yang diterima dengan yang tertertera pada invoice serta harga, jenis, atau jumlah barang yang tidak sesuai antara yang tertera pada invoice dengan yang tertera pada purchase order (PO). Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pada aspek pengawasan, penggunaaan teknologi untuk otomatisasi proses, serta pelatihan bagi staf terkait untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi penerimaan barang. Dengan perbaikan ini, diharapkan sistem pengendalian internal dapat mendukung operasional hotel secara lebih optimal dan mencegah kerugian yang mungkin terjadi.
Copyrights © 2025