Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer
Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer October 2024

PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI GAME PENGETAHUAN UMUM DENGAN SCRATCH UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

valentina, Mariana febri (Unknown)
Prasetya, Bayu (Unknown)
Mustika, Mustika (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

: (1) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan permainan edukasi berbasis Scratch, sebuah bahasa pemrograman visual, untuk meningkatkan literasi pengetahuan umum di kalangan siswa SD. Scratch menawarkan platform interaktif dan ramah pengguna yang mendorong kreativitas serta berpikir logis. Tujuan utama penelitian ini adalah menciptakan lingkungan belajar yang menarik yang memfasilitasi penguasaan keterampilan membaca, menulis, dan pemahaman materi. (2) Permainan ini mengintegrasikan berbagai aktivitas literasi seperti pembentukan kata, konstruksi kalimat, dan latihan pemahaman. Melalui serangkaian uji coba permainan yang melibatkan siswa sekolah dasar dan menengah pertama, permainan edukasi ini digunakan untuk melihat dampaknya terhadap keterampilan literasi siswa. (3) Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan signifikan dalam kosakata dan pemahaman bacaan siswa. (4) Penelitian ini menyimpulkan bahwa permainan edukasi berbasis Scratch dapat menjadi alat yang berharga dalam kurikulum pendidikan, menawarkan pendekatan yang inovatif untuk pendidikan literasi yang menyenangkan dan efektif. Penelitian di masa depan dapat mengeksplorasi penerapan metode ini pada subjek dan konteks pendidikan lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IlmuKomputer

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JMIK (Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer) adalah jurnal ilmiah dalam ilmu komputer dan Informatika yang berisi literatur ilmiah tentang studi penelitian murni dan terapan dalam ilmu komputer dan Informatika dan peninjauan publik terhadap perkembangan teori, metode dan ilmu terapan yang terkait dengan ...