Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 1, No 2/september (2010): JP2F

UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERPERSPEKTIF CRC (CHILDREN RIGHTS CONVENTION) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Nyoman Murniati, Ngurah Ayu (Unknown)
Dwi Yuliana, Zulfikar (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat padapembelajaran fisika. Penelitian ini dilaksanakan dengan duasiklus yang berulang yang tiap siklusnya terdiri dariperencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Padasiklus I minat siswa yang diukur dengan angket model ACRS(disadur dari Keller : 1987) mencapai kategori cukup denganjumlah skor rata-rata kelas sebanyak 3,436 dan meningkatpada siklus II menjadi 4.4375 yang termasuk dalam kategoribaik. Aktifitas siswa naik dari rata-rata kelas 55% (cukup)menjadi 76% (baik). Sedangkan hasil belajar siswa naik dari67 (melampaui sktandar minimum ketuntasan belajar)menjadi 74 (diatas standar minimum ketuntasan belajar)Peningkatan berbagai fariabel minat ini terjadi karenaadanya pembelajaran yang lebih bersifat humanistik dengansenantiasa mengaitkan materi kedalam fenomena kehidupansehari-hari yang dekat dengan siswa. Hal ini juga ditunjangdengan adanya media belajar yang lebih feriatif sepertiadanya demonstrasi, praktikum sederhana, visualisasi denganmacromedia flash, dan sebagainya sehingga minat belajarsiswa meningkat. Pembelajaran fisika berperspektif CRC(Children Rights Convention) dengan menggunakanpendekatan kontekstual berhasil meningkatkan minat belajarfisika pada siswa kelas X-6 SMA N 11 Semarang.Kata kunci: minat, pembelajaran fisika berperspektif CRC,pendekatan kontekstual

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...